BREAKING NEWS

Rabu, 13 September 2017

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Rambut

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Rambut - Seledri sebuah suku dengan wortel dan adas pulosari. Daun seledri telah lama digunakan sebagai makanan penyedap karena aroma khas dan menggoda. Bahkan di negara-negara Eropa dan tanaman seledri Jepang tidak sia-sia karena digunakan untuk membuat batang, daun dan biji bunga seledri sebagai bahan makanan.
Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Rambut


Seledri mulai dikenal di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Saat itu penjajah menggunakan seledri untuk rasanya seperti sup. Saat ini seledri merupakan bagian integral dari masakan Indonesia.

Selain manfaatnya sebagai bahan makanan, seledri juga bergizi sebagai tanaman obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Ini karena seledri mengandung senyawa yang dibutuhkan tubuh.

Berikut adalah beberapa senyawa yang terkandung dalam seledri daun dan bergizi untuk kesehatan:

  • Senyawa 3-n-butylphthalide, menurunkan tekanan darah, anti radang akibat infeksi, anti kejang, dan menurunkan kadar kolesterol darah.
  • Senyawa L-tryptophan, antioksidan, mencegah aterosklerosis dengan menghambat proses oksidatif.
  • Serat, mencegah obesitas. Jenis serat membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna agar rasa kenyang.
  • Vitamin Dalam 100 gram seledri mengandung 494 IU vitamin A. Semakin hijau daunnya, semakin besar kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin lain dalam seledri termasuk vitamin C, B1 dan B2.
  • Senyawa poliasetilen, beracun untuk bakteri dan jamur, telah digunakan sebagai tanaman obat sejak Abad Pertengahan. Diantaranya untuk obat antiinflamasi akibat infeksi.


Aroma seledri khas berasal dari serangkaian komponen volatil minyak atsiri yang dikandungnya, setidaknya pada buah kering. Kandungan utamanya adalah butylphthalide dan butylphthalide sebagai pembawa utama aroma. Ada juga sejumlah flavonoid seperti A (1-2%) dan B (0,1-0,7%), serta senyawa fenol.

Komponen lainnya adalah apiin, isokuersitrin, furanokumarin dan isoimperatorin. Kandungan asam lemak utama adalah asam petroselinat (40-60%). Seledri daun dan batang juga mengandung steroid seperti stigmasterol dan sitosterol.


Manfaat seledri daun untuk kesehatan

Untuk mendapatkan keefektifan seledri daunnya, bisa dibuat mendidih dan diminum, dimasak, dimakan mentah atau dibuat jus. Berikut beberapa manfaat daun seledri bagi kesehatan kita.


1. Sebagai antioksidan

Seledri mengandung jenis antioksidan luteolin dan flavonoid yang membantu mencegah radikal bebas di dalam tubuh. Luteloin juga berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Sebagai Antiinflamasi

Seledri juga mengandung zat anti-inflamasi, dan secara efektif mencegah masalah tulang seperti osteoarthritis dan nyeri sendi.


3. Perbaiki imunitas

Seledri kaya akan vitamin A dan vitamin C, yang merupakan antioksidan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memungkinkan produksi kolagen yang membantu melindungi otot dan jaringan ikat agar kulit tetap sehat dan melawan penyakit.

4. Memperkuat tulang

Seledri mengandung vitamin K yang berperan dalam sintesis protein (tipe osteocalcin), sehingga meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.


5. Lindungi jantung

Tubuh kita menghasilkan asam amino yang disebut homocysteine ​​yang dapat mengganggu fungsi normal pembuluh darah dan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Seledri mengandung vitamin B9 atau folat, yang dapat mengubah asam amino menjadi molekul sederhana yang melindungi Anda dari serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.


6. Membantu mencegah kanker

Senyawa organik ceristisin dalam seledri terbukti mampu mencegah proliferasi sel kanker di tubuh. Miristisin juga mengaktifkan enzim dan membantu menetralisir senyawa berbahaya tertentu yang menyebabkan kanker prostat dan usus besar.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, seledri juga efektif untuk kecantikan rambut, seperti pembuahan rambut, rambut rontok dan rambut rontok

1. Memupuk rambut

Siapkan 7 sampai 10 helai seledri. Cuci dengan baik. Lalu giling dengan baik dan gosokkan pada rambut yang sudah dibersihkan. Perlahan pijat kulit kepala selama 15 menit. Setelah Anda membungkus rambut Anda telah menggosok seledri dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, bilas rambut Anda lagi dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan langkah ini seminggu sekali.

2. Mengatasi kerontokan rambut

Ambil dua genggam seledri. Bersihkan dan potong kecil-kecil. Selanjutnya haluskan dengan cara yang beragam. Setelah sempurna sempurna, simpan seledri cincang halus lalu campurkan dengan 1 butir telur yang sudah terguncang. Oleskan sel telur dan campuran seledri di kepala dan pijatan lembut selama 15 menit. Kemudian diamkan selama sekitar 1 jam dan bilas.

3. Meluruskan rambut dengan daun seledri

Mash beberapa batang daun seledri yang masih segar sampai lembut, tambahkan sedikit air. Peras untuk mendapatkan daun seledri, lalu simpan di dalam botol dan diamkan selama 1 malam, gunakan kreambath keesokan harinya. Setelah selesai, keramas dengan sampo.

Sebenarnya ada lebih banyak manfaat seledri yang bisa terungkap. Salah satunya jelas wajah. Cara memasukkan irisan tangkai seledri ke dalam air panas, biar dingin. Setelah air digunakan untuk mencuci muka. Baca juga artikel klinik dokter sunat pekanbaru.

Cukup sekian artikel yang disajikan tentang Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Rambut semoga bermanfaat, terima kasih telah mengunjungi artikel kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 cemilan Sederhana dan Lezat. Designed by OddThemes